Sintaks
Pembelajaran Berbasis Masalah
Versi Indonesia
Author : Dede Setyono
Link : http://modeldanmetode-belajar.blogspot.com/2017/06/sintaks-pembelajaran-berbasis-masalah.html
Tahap
|
TingkahLaku guru
|
Tahap-1
Orientasi peserta didik pada masalah
|
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, mengajukan fenomena atau
demonstrasi atau cerita untuk memunculkan masalah, memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam pemecahan masalah yang dipilih.
|
Tahap-2
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
|
Guru
membantu peserta
didik untuk mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar
yang berhubungan dengan masalah tersebut
|
Tahap-3
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
|
Guru
mendorong peserta
didik untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai,
melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
|
Tahap-4
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Guru
membantu peserta
didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya
yang sesuai seperti laporan, video, dan model serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.
|
Tahap-5
Menganalisis dan
mengevaluasi
proses pemecahan
masalah
|
Guru
membantu peserta
didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan
proses-proses yang mereka gunakan.
|
Versi Indonesia
Catatan : Silahkan Klik tombol. Apa yang ingin Anda cari atau pelajari!English Version
Note : Please Click the button. What you want to find or learn!Artikel : Sintaks Pembelajaran Berbasis Masalah
Author : Dede Setyono
Link : http://modeldanmetode-belajar.blogspot.com/2017/06/sintaks-pembelajaran-berbasis-masalah.html
tag : Sintaks Pembelajaran Berbasis Masalah, pendekatan belajar, problem based learning, quantum teaching learning, integrated learning, cooperative learning, aktive learning, contextual teaching and learning, defenisi, karesteristik, kekurangan, kelebihan, langkah-langkah operasional,contoh penerapan, berbasis dunia nyata, pembelajaran berpusat pada siswa, konteks spesifik, induktif, kolaboratif dan ketergantungan, konsep dasar, pendefenisian masalah, learing Theories pembelajaran mandiri, pertukaran pengetahuan, sejarah, prisnsip, model, konteks, isi/content, pengertian, model, model fragmented, model shared, model nested, model sequenced, model webbed, model immersed, model theared, model networked,model integrated, pengertian, konsep dasar, team reward, individual accountability, equal opportunities for succes, metode, jigsaw, stad, student team achievement, tgt, team games turnamen, defenisi, aplikasi dalam pembelajaran, strategi, refleksi , pertanyaan peserta didik, rangkuman, pemetaan, strategi, membangun hubungan untuk menemukan makna, melakukan sesuatu yang bermakna, belajar mandiri, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif, mengembangkan proses individu,standar pencapaian tinggi,assesmen yang autentik, tujuan,defenisi,komponen dalam pembelajaran
Komentar
Posting Komentar